Kamis, 04 September 2014

Perjanjian Bangkok

Perjanjian Bangkok


Berisi
  • Rakyat Sabah dan Serawak diberi kesempatan mengenai kedudukan mereka dalam Malaysia
  • Indonesia dan Malaysia menyetujui pemulihan hubungan diplomatik
  • Penghentian permusuhan diantara kedua negara
Lintas Peristiwa
       Perjanjian ini dilakukan untuk menormalisasi hubungan kedua belah pihak antara Indonesia dan Malaysia yang sedang berseteru. Hal ini dikarenakan Malaysia membentuk negara federasi yang dianggap sebagai proyek Neokolonialisme Inggris dan Malaysia yang bertolak belakang dengan perjanjian Manila. Dengan adanya hal tersebut, Indonesia yang masih berda di naungan Orde Lama memutuskan hubungan diplomatik pada 17 September 1963. Hubungan diantara kedua belah bejalan tidak sehat lagi, dengan Malaysia yang di Back Up  Inggris. Bahkan penguasa Indonesia saat itu, IR Soekarno dituding akan membuat negara kesatuan yang terdiri dari Indonesia, Malaysia, dan Filiphina yang lebih dikenal sebagai MALINDO.

        Namun semua berubah, ketika kursi Orde lama jatuh dan digantikan Orde Baru. Hubungan diplomatik kedua belah pihak mulai dibenahi secara bertahap. Sebuah perjanjian pun dibuat untuk mengawali langkah menjalin hubungan baik dengan diglontorkannya perjanjian yang disebut Perundingan Bangkok. Perundingan ini dilaksanakan di Bangkok, Thailand pada tanggal 29 Mei 1966 - 1 Juni 1966 yang menghasilkan Perjanjian Bangkok. 

          Untuk lebih mengitensifkan perjanjian, Indonesia dan Malaysia mengirimkan perwakilannya yang akan duduk disana guna mencetuskan perjanjian untuk membawa jalan keluar dari pertikaian kedua negara. Untuk urusan perwakilan, Indonesia menunjuk Menteri Luar Negerinya yakni Adam Malik dan Malaysia menunjuk Tun Abdul Razak yang merupakan Menteri Luar Negeri Malaysia. Perjanjian bangkok secara resmi ditandatangani dan disahkan pada 11 Agustus 1966. Dengan keluarnya maklumat tersebut, pertikaian diantara kedua belah pihak dapat diredam dan hubungan diplomatik dapat terjalin secara sehat kembali.


2 komentar:

Membantu gan postinganny buat selesain tugas sejarah ane
Thank gan :)

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More