Kamis, 18 September 2014

Kantung Semar

Kantong Semar (nephantes sp)

A. Klasifikasi
Kerajaan : Plantae
Filum : Tracheophyta
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Caryophyllales
Famili : Nepenthaceae
Genus : Nephantes

B. Pembahasan
        Tumbuhan yang masuk dalam Insktivora ini memiliki nama lain yang biasa disebut Tropical Pitcher Plant. Tanaman ini memiliki 130 spesies yang berbeda dalam tampilan namun masih sama dalam hal memakan serangga. Cara yang digunakan untuk dapat memakan serangga adalah dengan mengeluarkan aroma dari kelenjar nektar di kantongnya. Jika ada serangga yang tertarik dan mendekat ke bibir kantong, maka serangga tersebut akan tergelincir dan masuk ke dalam kantong dan terjebak di dalam cairan yang lengket. Cairan tersebut akan menguraikan serangga menjadi molekul yang lebih kecil, sehingga kantung semar mampu mengambil nutrisi di dalam serangga tersebut. Cairan ini merupakan cairan asam yang fungsinya menguraikan tubuh serangga menjadi molekul yang berupa protein.

        Tumbuhab karnivora ini dapat mencapai panjang 15-25 cm. Tumbuhan ini memiliki tiga macam bentuk kantong yaitu kantong atas, kantong bawah, dan kantong roset. Tanaman ini menyukai akan habitat dengan kelembaban tinggi dan cahaya dengan intensitas penyinaran yang tinggi. Biasanya habitat yang dapat optimal untuk pertumbuhan tanaman ini merupakan habitat yang iskin akan asam dan unsur hara.

C. Persebaran dan Habitat
Persebaran : Indonesia, Cina (Republik Rakyat Tiongkok) bagian selatan, Malaysia, Filiphina, Madagaskar agian barat, Seycelles, India, Sri Langka, Australia

Habitat : Kawasan tropis dengan berada di daerah dataran tinggi dan daerah dataran rendah
        
D. Manfaat
  • Sebagai tanaman hias
  • sebagai indikator iklim
  • sebagai pereda batu (cairannya)
  • Sebagai  obat sakit perut (cairannya dan dan air rebusan akarnya)
  • menyembuhkan luka bakar (cairannya dan dan air rebusan akarnya)
  • Menyembuhkan sakit  mata (cairannya dan dan air rebusan akarnya)
  • Sumber air minum yang layak (karena Ph-nya netral)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More