Sabtu, 13 September 2014

Fakta Unik Lionel Messi

Fakta Unik Lionel Messi



1.  Messi menjadi pemain termuda yang mencetak gol pada partai derbi "El Classico" antara Barcelona dan Real Madrid, Maret 2007. Dia mencetak hat-trick dan menyamakan kedudukan 3-3. Saat itu Barcelona bermain 10 orang. Salah satu gol dia cetak pada injury time.. Itu merupakan hat-trick pertama di "El Classico" sejak Ivan Zamorano membuat hal itu untuk Real Madrid pada musim 1994-1995.

2.  Messi di diagnosis mengalami kelainan pertumbuhan saat masih berumur 11 tahun. Saat itu dia masuk klub Newell's Old Boys. Dia kemudian bergabung dengan klub raksasa Argentina, River Plate. Namun, River Plate keberatan membayarnya 900 dollar (sekitar Rp 8,1 juta) per bulan. Namun setelah dilirik oleh Barcelona ia mulai mengalami pensuntikan hormon dan menjadi pemain el Barca asal ia mau pindah ke Barcelona bersama keluarganya, dan ia menyetujuinya

3.  Messi pernah digaji 1.4 Milyar oleh Nike saat berusia 14 tahun.

4.  Messi memegang dua paspor - Argentina dan Spanyol. Dia menjadi warga negara Spanyol pada September 2005. Ia semapt ditawari untuk main mengenakan jersey timnas spayol namun ia menolak dan memilih untuk mengenakan jersey tanah kelahiranya yakni Argentina

5. Messi mendukung sejumlah kegiatan amal melalui Leo Messi Foundation. Dia juga bekerja untuk orang yang menderita Sindrom Fragile X (penyakit yang berhubungan dengan autisme). Dia juga merupakan duta untuk UNICEF.

6. Waktu kecil, Messi pernah menangis di depan cermin saat di telepon oleh Maradona.

7.  Ia adalah icon pada bagian cover depan game Pro Evolution Soccer 2009 dan Pro Evolution Soccer 2011 dan ia juga terlibat dalam kampanye promosi untuk game tersebut.

8. Dia menjalani debut penuh bersama timnas Argentina saat melawan Hongaria, 17 Agustus 2005. Namun, pertandingan ini tak terlalu berkesan baginya sebab dia tampil sebagai pengganti pada menit ke-63. Baru tampil dua menit, dia terkena kartu merah. Dia dianggap wasit Markus Merk telah menyikut Vilmos Vanczak.

9. Pada pertandingan pertama Argentina di Piala Dunia 2006 melawan Pantai Gading, Messi jadi pemain cadangan. Dia baru diturunkan pada pertandingan melawan Serbia-Montenegro pada menit ke-74, menggantikan Maxi Rodriguez. Dia pun menjadi pemain Argentina termuda yang tampil di Piala Dunia dengan umur 18 tahun dan 357 hari.  Dia tak menyia-nyiakan kesempatan itu. Messi mencetak gol terakhir dari kemenangan Argentina 6-0. Dia pun menjadi pemain termuda Argentina pertama yang mencetak gol di Piala Dunia. Gol itu juga menjadikannya sebagai pemain termuda keenam di dunia yang mampu mencetak gol di pentas terakbar tersebut. 

10. Selama Copa America, Messi satu kamar dengan Carlos Tevez. Dikabarkan, keduanya memutar musik keras-keras di kamar itu nyaris seperti diskotik.

11. Messi makin menunjukkan ketajamannya. Dia mencetak 38 gol untuk Barcelona di semua kompetisi musim 20008-09. Dua golnya dia cetak saat Barcelona bertandang ke kandang Real Madrid dan menang 6-2. Itu kekalahan paling besar Madrid di kandang sendiri sejak 1930.

12. Messi berperan besar membawa Barcelona meraih treble winners, menjuarai Copa del Rey, Divisi Primera, dan Liga Champions. Barcelona menjadi klub Spanyol pertama yang meraih treble winners.

13. Messi mampu mencetak lima gol dalam satu pertandingan liga champions eropa

14. Messi mendapat julukan baru, "La Pulga Atomica" atau "Kutu Atom".

15. Kontrak profesional pertamanya ditulis di atas sepotong serbet makan

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More