Sabtu, 13 September 2014

5 Fakta Unik Thomas Alva Edison

Fakta Unik Thomas Alva Edison


1. Kekurangan dalam mendengar, bukan tuli

         Banyak yang mengira bahwa Thomas Alva Edison Tuli, padahal ia tidak tuli melainkan sulit mendengar. Banyak rumor yang berkembang bagaimana ia mendapatkan hal ini. Adayang mengatakan karena infeksi saluran pendengaran, adapula yang mengatakan bahwa ia terkena pukulan dari kondektur kereta yang marah kepadanya. Namun apapun yang ia terima, ia sealu menyikapinya dengan positive thinking. Sulit mendengar yang ia derita malah membuatnya bisa lebih berkonsentrasi dalam hal yang ia lakukan.

2. Melamar sang Istri dengan menggunakan  kode morse

         Kisah asmara Thomas cukup romantis, diantaranya seringnya mengobrol dengan kekasih yang kelak menjadi sang istri dengan kode morse. Mina Miller merupakan pujaan dan merupakan anak dari Lewis Miller yang berhasil merebut hati Thomas Alva Edison. Suatu hari ia bertemu Mina Miller, pertemuan diantara mereka selalu rahasia. Oleh karena itu Thomas Alva Edison mengajari Mina Miller sandi morse.  Suatu hari Edison bertanya kepada Mina: .- – ..- .-.. -.. -.- – ..- – .- .-. .-. -.- – . yang kemudian dijawab Mina dengan: -.- . … Tak lama kemudian, keduanya pun menikah.

3 .Penemuan Mesin tato

              Pada tahun 1876, Edison mematenkan Stencil-pens, sebuah alat yang kemudian dimodifikasi Samuel O’Reilly untuk menjadi mesin tato pertama. Namun ia tetap dianugerahi penghargaan atas penemuan mesin tato yang pertama.

4. Laboratorium riset industri pertama

            Sebagai seorang ilmuan yang bergerak di segala bidang ia ingin mengembangkan usaha dan ilmu pengetahuan secara bersamaan. Oleh karena itu ia menjual quadruplex telegraf yang dibeli Western Union seharga $10 ribu, Setelah itu menggunakan uang yang diperolehnya untuk membangun sebuah tempat yang sengaja akan dikhususkannya untuk terus menghasilkan serta mengembangkan produk inovasi teknologi. Tempat yang terletak di Menlo Park, New Jersey itu akhirnya berkembang menjadi laboratorium riset industri pertama di dunia. Dari laboratorium tersebut munculah banyak inovasi dan gagasan yang berhasil ia temukan.

5. Penyihir Menlo Park

          Julukan tersebut didapat Edison setelah berhasil menemukan fonograf pada tahun 1877 sekaligus mengangkat popularitasnya. Pencapaian itu sangat tidak disangka-sangka oleh banyak orang sehingga tampak seperti sihir. Fonograf pertamanya berhasil merekam suara pada kertas timah yang mengelilingi sebuah silinder beralur. Namun kulitas suara yang dihasilkan masih buruk dan hasil rekamannya hanya bisa diputar ulang beberapa kali saja.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More