Sabtu, 13 September 2014

Pesawat R80

Pesawat R80


Perancang : BJ. Habibie
Kapasitas : 80 Orang
Jarak maksimal tempuh : 600 Km

         Pesawat R80 merupakan produk asli dari anak bangsa Indonesia yang mencoba berkontribusi untuk membangkitkan industri kedirgantaraan RI yang pernah berjaya pada 1995. Produksi proyek pengembangan pesawat R80 ini di kerjakan oleh IPTN (PT. Dirgantara Indonesia) dan PT RAI. PT RAI telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Dassault Systemes mengenai Investasi sebesar satu miliar dolar AS untuk mengembangkan proyek ini. PT RAI sendiri merupakan perusahaan kedirgantaraan yang dibangun oleh PT IIthabi Rekatama dan PT Eagle Capital yang merupakan perusahaan dibawah naungan BJ. Habibie.

        Proyek pembangunan ini sangat berguna bagi Indonesia untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara dan bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan untuk negara. Banyak pihak yang menyimpulkan bahwa pesawat ini sangat cocok menjadi alat transportasi Indonesia karena dapat menjadi transportasi baik dalam rangka menghubungkan Indonesia sebagai negara kepulauan, karena transportasi udara sangat penting untuk dikembangkan mengingat geografi Indonesia yang terdiri dari beribu pulau. 

        Pesawat yang direncanakan menggunakan baling-baling turbo (turboprop) yang dapat mengurangi konsumsi bahan bakar sekitar 30 sampai 40 persen ini dijadwalkan dapat mengudara pertama kali pada 2017 di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majelengka, Jawa Barat. Sebagai penerus pesawat N250, pesawat R80 dikembangkan secara lebih fariatif dan inovatif dengan modernisasi spesifikasi pesawat, diantaranya pesawat ini dapat dikendalikan secara elektronik ( Fly by wire). Baling-baling yang dipasang di pesawat ini juga merupakan inovasi baru yang dapat menetukan antara angin dingin dan angin panas, dengan adanya inovasi ini pesawat R80 dapat mengudara dengan kecapatan yang tinggi.

      Proyek pengadaan pesawat ini sontak menyita perhatian beberapa maskapai penerbangan baik dalam negeri maupun luar negeri. Di dalam negeri sudah ada pemesan yakni Nam Air yang memesan 100 pesawat dan Kalstar Avation yang memesan 25 pesawat. Dari 7 maskapai Internasional yang menyatakan ketertarikannya akan pesawat ini, sudah ada 3 maskapai yang duduk terdepan dalam pemesanan pesawat ini dengan dibuktikannya penandatangan Letter Of Intent, 3 maskapai ini memesan sebesar 145 unit pesawat. 

        Jika dilihat bypass rationya R80 lebih baik dari Airbus maupun Boeing, bypass ratio R80 sebesar 40 sedangkan bypass ratio untuk airbus maupun boeing sebesar 12. Makin tinggi ratio makin sedikit bahan bakar yang digunakan dan pesawat juga akan lebih kencang dalam bermanuver. Harga untuk satu pesawat R80 memang belum ditentukan berapa kisarannya, namun jika dilihat dari prospektifnya R80 akan jauh lebih ekonomis dalam segi bahan bakar dan perawatan pesawat. Sebuah pesawat baru yang pantas untuk ditunggu kelahiranya..



0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More